TUTORIAL 3Ds MAX MEMBUAT KURSI


Dalam tutorial ini saya akan menunjukkan bagaimana caranya membuat model 3D kursi. Ini adalah gaya kursi sederhana dan modern, dibuat dari logam berbentuk pipa ditekuk dan beberapa kulit untuk tempat duduk dan sandaran kursi. Anda mungkin berpikir saya akan menggunakan Lofting untuk menciptakan tabung logam. Salah. Saya akan menggunakan teknik lain, menggunakan Spline. Ini lebih cepat dan sederhana.
#Langkah 1
Buka 3ds max. Dalam viewport Left, gambar Line seperti gambar di bawah ini. Gunakan Use Initial Type=Corner and Drag Type=Corner. Klik kanan untuk menggambar garis akhir.
Tips: Untuk membuat garis lurus (seperti dari nomor titik 2-3, terus tombol Shift saat menggambar)

#Langkah 2
Buka tab Modify. Aktifkan Vertex seleksi. Pilih tiga vertex seperti gambar di bawah ini. Dalam peluncuran Geometry, tingkatkan Fillet sampai Anda mendapatkan sudut bulat.

#Langkah 3
Aktifkan pilihan Spline. Pilih garis. Pada viewport Front, terus tombol Shift sementara pindah baris yang dipilih ke kanan. Jarak antara garis-garis ini akan menjadi lebar dari kursi.

#Langkah 4
Selanjutnya, ganti pilihan Vertex. Aktifkan Snap 3D . Dalam peluncuran Geometry, klik tombol Connect. Kemudian, klik dan tahan titik no 1, jangan dilepas, kemudian klik vertex no 2. Ulangi proses ini untuk menghubungkan vertex lainnya. Setelah selesai, non-aktifkan 3D Snap Toggle dan Connect.

#Langkah 5
Selanjutnya, pilih 4 vertex seperti gambar di bawah ini, dan terapkan Fillet untuk membuat sudut bulat.

#Langkah 6
Untuk membuat logam rollout, tabung Rendering terbuka. Aktifkan Enable di Renderer, Aktifkan di viewport. Masukkan nilai Thicknes dan Sides = 8.

#Langkah 7
Kilk kanan pada objek dan pilih Convert to>Convert to Editable Poly.
Aktifkan seleksi Polygon. Pilih beberapa poligon seperti gambar di bawah ini. Pada rollout Edit Geometry, klik tombol Detach. Dalam membuka kotak dialog, centang Detach As Clone. Poligon yang dipilih akan diklon sebagai objek terpisah. Setelah selesai, matikan semua seleksi sub-objek.

#Langkah  8
Pilih objek yang baru dibuat. Buka tab Modify. Pada viewport  Top pilih 8 titik dekat ke tengah. Lihatlah gambar di bawah ini untuk referensi.

#Langkah 9
Menggunakan Select and Uniform Scale Tool, panjangkan  vertex searah sumbu horizontal.

#Langkah 10
Selanjutnya, ganti ke seleksi Polygon. Pada Perspective viewport pilih 4 polygon seperti gambar di bawah.Hapus.

#Langkah 11
Selanjutnya, ganti pilihan Edge. Pada viewport  Top, pilih 2 ujung seperti gambar di bawah ini. Dalam rollout  Edit Edges, klik tombol  Bridge Settings. Dalam kotak dialog, masukkan Segmen = 10. Poligon baru akan dibuat yang menghubungkan tepi.
Ulangi proses yang sama untuk  sandaran.

#Langkah 12
Aktifkan seleksi Polygon. Pilih semua poligon di sandaran. Pada rollout Edit Geometry, klik tombol Detach. Dalam membuka kotak dialog, centang semua pilihan. Poligon ini akan dipilih memastikan dipotong sebagai objek terpisah.

#Langkah 13
Pastikan objek kursi  dipilih. Aktifkan Vertex seleksi. Dalam vieport Front, pilih 2 titik di tengah. Buka Soft Selection rollout, aktifkan Use Soft Selection. Atur nilai Falloff. Kemudian, pindahkan vertex yang dipilih ke  bawah. Anda akan mendapatkan tempat duduk yang melengkung. Setelah selesai matikan semua seleksi sub-objek.

#Langkah 14
Ulangi proses di atas dengan obyek sandaran. Setelah selesai,terapkan  pengubah Shell untuk tempat duduk dan sandaran kursi. Sesuaikan nilai Outer Amount. Modifier Shell akan menambah ketebalan objek.

#Langkah 15
Gambar di bawah menunjukkan objek kursi yang sudah dirender.

0 komentar:

Post a Comment

terimah kasuh udh memberi masukan

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger