MAKALAH TEKNOLOGI DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI


BAB I
PENDAHULUAN

1.1.        Latar Belakang Masalah
            Negara-negara yang sedang berkembang memerlukan begitu banyak hal  untuk mendukung perkembangan negara mereka. Negara-negara tersebut saling meningkatkan berbagai kemampuan mereka dalam segala aspek kehidupan masyarakat seperti pada aspek pertanian serta industri. Kemudian, selain itu mereka juga mengadakan investasi dalam aspek kesehatan masyarakat begitu pula dalam aspek pendidikan. Pengangkutan atau aspek transportasi-pun juga diperlukan, dan juga cara-cara komunikasi yang baru.
                        Dan saat ini, segala aspek kehidupan tersebut telah mampu berkembang dengan pesatnya, perkembangan tersebut beriringan pula dengan perkembangan masyarakat dari masyarakat yang tradisional menjadi masyarakat moderen, kemudian secara otomatis perkembangan tersebut menuntut masyarakat menuju kearah globalisasi. Penyebab utama yang paling terasa pada perubahan tersebut adalah pada aspek Teknologi Informasi, contoh paling sederhana tentang hal ini adalah bila pada masyarakat yang masih tradisional dahulu dalam pencapaian informasi dari jarak jauh memerlukan waktu yang begitu lamanya, karena saat itu masih menggunakan cara pengiriman pesan masih sederhana yaitu surat-menyurat, kemudian berkembang menjadi faksimile kemudian telepon dan sekarang pada tingkat yang lebih moderen telah muncul telepon genggam dalam beragam jenis dan fitur-fitur canggih yang mendominasinya.
                       

1.2.        Tujuan Penulisan Makalah
                        Tujuan Penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui penerapan Teknik Informatika perkembangan teknologi informasi terhadap  masyarakat.               
1.3.        Manfaat Penulisan Makalah
                        Manfaat dari penulisan Makalah ini antara lain :
1.    Manfaat Teoretis
Memberikan informasi tentang berbagai pengaruh teknologi informasi terhadap masyarakat khususnya pada segi sosiologis.
            2. Manfaat Praktis
a.    Meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang proses perkembangan teknologi informasi yang sedang berlangsung dalam masyarakat.
b.    Memberikan wawasan kepada masyarakat tentang berbagai pola                                                  perilaku sosial masyarakat terhadap adanya teknologi informasi.
c.    Memberikan kajian kepada masyarakat berbagai dampak yang dapat timbul dari perkembangan teknologi informasi.


BAB II
LANDASAN TEORI

2.1.        Pengertian
2.1.1.   Pengertian Teknologi
                        Kata teknologi secara harfiah berasal dari bahasa latin’’texere’’yang berarti menyusun atau membangun. Sehingga istilah teknologi seharusnya tidak terbatas pada penggunaan mesin, meskipun dalam arti sempit hal tersebut sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Menurut Roger (1983) teknologi adalah suatu rancangan (desain) untuk alat bantu tindakan yang mengurangi ketidakpastian dalam hubungan sebab akibat dalam mencapai suatu hal yang diinginkan. Jacques Ellul (1967) mengartikan teknologi sebagai keseluruhan metode yang secara rasional mengarah dan memiliki ciri efisiensi dalam setiap kegiatan manusia.
                       
            Teknologi adalah suatu tubuh dari ilmu pengetahuan dan rekayasa (Engineering) yang dapat diaplikasikan pada perancangan produk dan atau proses atau pada penelitian untuk mendapatkan pengetahuan baru. Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuanm ilmu pengetahuan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Khusus dalam bidang teknologi masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini. Namun demikian, walaupun pada awalnya diciptakanuntuk menghasilkan manfaat positif, di sisi lain juga juga memungkinkan digunakan untuk hal negatif.
2.2.2.   Pengertian informasi
                        Informasi merupakan data yang berasal dari fakta yang tercatat dan selanjutnya dilakukan pengolahan (proses) menjadi bentuk yang berguna atau bermanfaat bagi pemakainya. Bentuk informasi yang kompleks dan terintegrasi dari hasil pengolahan sebuah database yang akan digunakan untuk proses pengambilan keputusan pada manajemen akan membentuk Sistem Informasi Manajemen. Data merupakan fakta atau nilai (value) yang tercatat atau mempresentasikan deskripsi dari suatu objek. Data merupakan suatu sumber yang sangat berguna bagi hampir di semua organisasi. Dengan tersedianya data yang melimpah, maka masalah pengaturan data secara efektif menjadi suatu hal yang sangat penting dalam pengembangan system informasi manajemen. Pengertian Informasi, definisi informasi, pengertian data, definisi data, data dan system.

2.3.    Penerapan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Kehidupan Sehari-Hari
            Pada zaman modern ini, kehidupan manusia tidak lepas dari peranan teknologi informasi. Peranan teknologi informasi digunakan untuk membantu aktifitas manusia dengan mengoptimalkan sumber daya yang dimilikinya. Beberapa penerapan dari teknologi informasi dan komunikasi antara lain dalam perusahaan, dunia bisnis, sektor perbankan, pendidikan, kesehatan, dan pemerintahan.

a.       Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Perusahaan
Penerapan teknologi informasi dan komunikasi banyak digunakan para pengusaha. Kebutuhan efisiensi waktu dan biaya menyebabkan setiap pelaku usaha merasa perlu menerapkan teknologi informasi dalam lingkungan kerja. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi menyebabkan perubahan bada kebiasaan kerja. Misalnya penerapan Enterprise Resource Planning (ERP). ERP adalah salah satu aplikasi perangkat lunak yang mencakup sistem manajemen dalam perusahaan.

b.      Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Bisnis
Dalam dunia bisnis teknologi informasi dan komunikasi dimanfaatkan untuk perdagangan secara elektronik atau dikenal sebagai E-Commerce. E-Commerce adalah adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, website, atau jaringan komputer lainnya. E-Commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis. Maka dengan adanya E-Commerce, masyarakat dapat melakukan transaksi jual beli tanpa harus pergi jauh ke toko yang menjual barang yang diinginkannya.

c.       Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Perbankan
Dalam dunia perbankan, teknologi informasi dan komunikasi diterapkan melalui adanya transaksi perbankan lewat internet atau dikenal dengan Internet Banking. Beberapa transaksi yang dapat dilakukan melalui Internet Banking antara lain transfer uang, pengecekan saldo, pemindahbukuan, pembayaran tagihan, dan informasi rekening.

d.      Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Kesehatan
Sistem berbasis kartu cerdas (smart card) dapat digunakan juru medis untuk mengetahui riwayat penyakit pasien yang datang ke rumah sakit karena dalam kartu tersebut para juru medis dapat mengetahui riwayat penyakit pasien. Digunakannya robot untuk membantu proses operasi pembedahan serta penggunaan komputer hasil pencitraan tiga dimensi untuk menunjukkan letak tumor dalam tubuh pasien.

e.       Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pemerintahan
Mengacu pada penggunaan teknologi informasi oleh pemerintahan, seperti menggunakan intranet dan internet, yang mempunyai kemampuan menghubungkan keperluan penduduk, bisnis, dan kegiatan lainnya. Bisa merupakan suatu proses transaksi bisnis antara publik dengan pemerintah melalui sistem otomasi dan jaringan internet, lebih umum lagi dikenal sebagai world wide web. Pada intinya adalah penggunaan teknologi informasi yang dapat meningkatkan hubungan antara pemerintah dan pihak-pihak lain.



2.4.       Macam-macam Teknologi Informasi Era Modern
1.    Mesin Cetak
Mesin Cetak pertama dibuat  oleh Johann Guttenberg.
2.    Analytical Machine
Diciptakan oleh Charles Babbage . Mesin ini memiliki kemampuan untuk memasukkan data, mengolah data, serta mengeluarkan bentuk outputnya dibuat kartu.
3.    Telegraf dan Kode Morse
Diciptakan pada 1873 oleh Samuel Morse bersama kedua kawannya.
4.    Film
Diciptakan pada tahun 1861 sebagai alat komunikasi untuk mengungkapkan gagasan yang ada atau menyampaikan pesan kepada orang banyak.
5.    Pesawat Telepon dan Fotografi
Diciptakan pada 1877 oleh Alexander Graham Bell yang dikembangkan untuk dipergunakan secara umum.
6.    Pita penyimpan magnetis
            Ditemukan pada 1899.
7.    TV Tabung
            Diciptakan oleh Zvorkyn pada 1923.
8.    Media penyimpan magnetic tape
            Diciptakan pada 1940.
9.    Hypertext
            Hypertext adalah system pengkodean yang dikembangkan oleh Vannevar           Bush.
10. Komputer Digital
            Diciptakan pada 1948 dengan nama ENIAC I yang terinspirasi oleh           ditemukannya analytical machine.
11. Transistor
            Dikembangkan pada 1948 untuk mengganti tabung vakum agar bentuknya        menjadi lebih             kecil, lebih hemat energi, dan tidak menimbulkan panas       berlebih.
12. Transistor Planar
            Pada 1957, dikembangkan komponen elektronik transistor planar oleh Jean        Hoerni.
13. Jaringan computer Desentralisasi
            Pengembangan system jaringan desentralisasi oleh RAND yang bertujuan         mengendalikan system pengeboman dan peluncuran kendali dalam perang            nuklir.
14. Jaringan computer pertama
            Pada 1969, ditemukan system jaringan computer pertama di Amerika Serikat      yang dibentuk dengan menghubungkan empat titik, yaitu Universitas of      California, SRI (Stanford), University of Utah, dan University California of            Santa Barbara, dengan kekuatan sebesar 50 kbps.
15. Email
            Ditemukannya program surat secara elektronik berupa pesan text atau emaildi   awal kemunculannya. Ray Tomlinson menciptakannya pada 1972.
16. Internet
            Istilah Internet diperkenalkan dalam sebuah karya tulis mengenai TCP/IP            (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). Setelah itu, dikembangkan  sebuah protokol jaringan dengan nama sama oleh grup DARPA. Pada 1981,    dikembangkan CSNET dengan kapasitas 56 kbps untuk setiap institusi dalam pemerintahan. Pada 1986, IERF mengembangkan sebuah server yang berfungsi sebagai alat untuk melakukan koordinasi antara DARPA, ARPANET, DDN dan internet gateway.

2.2.        Pentingnya Teknologi Informasi Dalam Dunia Pendidikan
            Manusia tidak bisa lepas dari pendidikan yang sebenarnya juga merupakan kegiatan informasi, bahkan dengan pendidikanlah informasi ilmu pengetahuan dan teknologi dapat disebarluaskan kepada generasi penerus suatu bangsa.
            Pengaruh dari Teknologi informasi dan komunikasi terhadap dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran. Menurut Rosenberg (2001), dengan berkembangnya penggunaan teknologi informasi dan komunikasi ada lima pergeseran dalam proses pembelajaran, yaitu:
1.    Pergeseran dari pelatihan ke penampilan.
2.    Pergeseran dari ruang kelas menjadi dimana saja dan kapan saja.
3.    Pergeseran dari fasilitas kertas menjadi ‘on line’.
4.    Pergeseran dari fasilitas fisik menjadi fasilitas jaringan kerja.
5.    Pergeseran dari waktu siklus ke waktu nyata.

            Sebagai media pendidikan komunikasi dilakukan dengan menggunakan media-media komunikasi seperti telepon, komputer, internet, e-mail, dsb. Interaksi antara guru dan siswa tidak hanya dilakukan melalui hubungan tatap muka tetapi juga dilakukan dengan menggunakan media-media tersebut.
            Dengan adanya teknologi informasi sekarang ini guru dapat memberikan layanan tanpa harus berhadapan langsung dengan siswa. Demikian pula siswa dapat memperoleh informasi dalam lingkup yang luas dari berbagai sumber melalui cyber space atau ruang maya dengan menggunakan komputer atau internet. Hal yang paling mutakhir adalah berkembangnya apa yang disebut “cyber teaching” atau pengajaran maya, yaitu proses pengajaran yang dilakukan dengan menggunakan internet. Istilah lain yang makin populer saat ini ialah e-learning yaitu satu model pembelajaran dengan menggunakan media teknologi komunikasi dan informasi khususnya internet.

            E-learning merupakan satu penggunaan teknologi internet dalam penyampaian pembelajaran dalam jangkauan luas yang berlandaskan tiga kriteria, yaitu :
a.  E-learning merupakan jaringan dengan kemampuan untuk memperbarui,menyimpan, mendistribusi dan membagi materi ajar    atau informasi.
b.  Pengiriman sampai ke pengguna terakhir menggunakan komputer dengan teknologi internet yang standar.
c.   Memfokuskan pada pandangan yang paling luas tentang pembelajaran di balik paradigma pembelajaran tradisional.

            Pada saat ini e-learning telah berkembang dalam berbagai model pembelajaran yang berbasis TIK seperti: CBT (Computer Based Training), CBI (Computer Based Instruction), Distance Learning, Distance Education, CLE (Cybernetic Learning Environment), Desktop Videoconferencing, ILS (Integrated Learning Syatem), LCC (Learner-Cemterted Classroom), Teleconferencing, WBT (Web-Based Training), dsb.

0 komentar:

Post a Comment

terimah kasuh udh memberi masukan

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger